Membangun Visi Bisnis Internet Sejak Awal…

By Tips Trik Komputer on 2010-04-01

 

fd_1Memulai bisnis online sama halnya seperti memulai bisnis yang lain. Hal yang pertama kali harus dimiliki seorang pebisnis adalah visi bisnis. Mengapa? Sebab visi bisnislah yang akan melancarkan perjalanan bisnis anda. Selain itu, visi bisnis juga akan memberikan kekuatan dalam menghadapi rintangan bisnis yang ada. fd_2

 

Jika pebisnis online tidak memiliki visi maka bisnis online-nya akan berjalan lambat. Sebab, tidak adanya ukuran yang pasti dan arah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. So, visi bisnis adalah tujuan anda berbisnis.

Bisnis anda mau dibawa kemana? Anda ingin tampil seperti apa? Anda ingin orang lihat bisnis anda sebagai contoh sukses yang seperti apa? Itulah visi bisnis. Jadi bukan melulu tentang uang. Misalnya saja, anda memiliki visi untuk menjadi pebisnis online dengan jumlah karyawan online terbesar se Indonesia dalam waktu 5 tahun. Atau anda memiliki visi ingin membangun kerajaan bisnis online dengan puluhan ribu produk/program pada tahun tertentu. Jadi, visi bisnis adalah tujuan bisnis yang seringkali ‘tidak terlihat’.

fd_8Visi bisnis adalah suatu tujuan besar yang mungkin banyak orang menganggap hal tersebut tidak mungkin tercapai. Nah, impossible adalah kata kuncinya. Inilah yang membedakan seorang pebisnis online bervisi dengan pebisnis online yang asal berbisnis. Kalau hanya berbisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, berarti anda hanya berbisnis tanpa visi.

  s_big_cendol Siapapun dia, asal memiliki kemauan kuat dan kerja keras akan dapat memiliki penghasilan besar. Tapi bagi pebisnis yang bervisi, mereka akan mendapatkan manfaat materi maupun nonmaterial (prestasi) yang jauh lebih besar. Dan tentu saja, keuntungan itu akan membawa manfaat dalam jangka panjang.

shakehand2Nah, jika anda mulai tertarik berbisnis online, termasuk kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan, berhati-hatilah. Karena anda bisa menjadi pebisnis tanpa visi. Tetapi jika anda mengharapkan tetap eksis dan memperoleh penghasilan serta prestasi bisnis super, maka memiliki visi adalah syarat mutlak.

Sudah banyak pebisnis online Indonesia yang telah membuktikan kehebatan visi mereka. Contohnya, adalah pebisnis online Indonesia yang mampu meraih penghargaan dari dalam dan luar negeri di bidang pemasaran online. Bahkan bisnisnya telah merambah hingga ke masyarakat luar negeri. Inilah contoh nyata pebisnis online yang bervisi. Bukan hanya keuntungan yang diperoleh, tetapi prestasi dan nama baik di nasional maupun internasional.

Apakah anda ingin punya bisnis yang bervisi? Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:
s_big_batamerahBuatlah Satu Visi yang Tinggi.
Visi yang tinggi adalah target yang menurut anda dan (mungkin) orang lain tidak bisa dicapai. Mengapa cukup satu visi? Sebab, satu visi akan membuat anda fokus. Tidak peduli seberapa impossible visi yang ingin anda capai. Buatlah visi itu dan taruhlah di tempat kerja, ruang baca, menonton bahkan kamar mandi sekalipun. Hal itu untuk mengingatkan anda setiap saat tentang visi yang ingin anda capai.
s_big_batamerahBuat Target-Target Kecil.


Apa gunanya? Target-target kecil ini untuk memperpendek jarak anda dengan target besar yang anda inginkan. Anda bisa membuat target-target kecil yang terukur, terarah dan dalam waktu tertentu. Misalnya, kapan menjadi affiliate, jumlah afiliasi yang diikuti, jumlah penghasilan yang diperoleh dalam 1 tahun, jumlah blog niche yang dimiliki dalam 6 bulan, jumlah karyawan online dalam 1 tahun, dan sebagainya. Intinya adalah, target-target tersebut dilakukan bertahap dan mampu anda kerjakan.


s_big_batamerahBuat Evaluasi Target Kecil.
Ya, buatlah evaluasi berkala misalnya 3 bulan atau 6 bulan sekali untuk melihat progres bisnis online anda. Miliki buku atau alat evaluasi tercatat agar perkembangan bisnis anda dapat dilihat setiap waktu. Misalnya, buku evaluasi tersebut anda isi dengan laporan hasil target (tercapai atau tidak), jumlah/hasil yang diperoleh, jenis strategi yang digunakan, lamanya waktu yang digunakan, dan lain-lain.

s_big_batamerahLakukan Sekarang!
Ya, lakukan sekarang dan segera jika anda ingin visi anda segera terwujud. Hal besar yang ingin anda capai, berawal dari pekerjaan-pekerjaan kecil yang anda lakukan. Jangan menunda meskipun anda memiliki banyak waktu.

recsellerNah, kalau anda sudah mengawali bisnis online anda dengan langkah di atas, percayalah visi bisnis anda akan terwujud. Yakinkan diri anda untuk menjadi pebisnis online yang sukses dengan visi yang anda bangun. Selamat menjadi pebisnis online visioner!

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action



Share your views...

0 Respones to "Membangun Visi Bisnis Internet Sejak Awal…"

Post a Comment