apa itu mhzPengertian MHz Dunia Komputer Apa itu MHz? MHz adalah bentuk singkat dari kata megahertz. Sangat penting untuk memahami makna hertz untuk memahami MHz. Istilah hertz ini adalah diambil dari nama Heinrich Rudolf Hertz, yang memberikan kontribusi signifikan untuk mempelajari elektromagnetisme. Unit dalam International System of Units harus selalu dikapitalisasi jika itu merujuk pada nama setelah seseorang. Ketika disebutkan penuh, kata tidak boleh dikapitalisasi. Itulah mengapa singkatan Hz atau MHz jika ditulis penuh menjadi hertz atau megahertz.


Hertz dapat digunakan dalam bentuk tunggal atau jamak. Ini menunjukkan ukuran frekuensi yang untuk menghitung jumlah siklus yang diselesaikan dalam satu detik, dengan satu hertz setara satu siklus per detik. Bahkan, sebelum penggunaan hertz, pengukuran sebenarnya disebut “siklus per detik” atau cps dan dipanggil megacycles yang setara dengan MHz.


Satu MHz menunjukkan satu juta hertz atau satu juta siklus per detik. Hal ini juga sama 1000 kilohertz atau KHz, yang sering digunakan untuk menggambarkan ukuran bandwidth. Suara, cahaya, frekuensi radio, dan radiasi elektromagnetik juga dapat diukur dalam hertz. Sound umumnya berkisar sampai puluhan ribu hertz, sedangkan getaran fisik biasanya diukur dalam MHz. Frekuensi radio umumnya dalam rentang yang lebih tinggi dan berbagai jenis cahaya dan sinar seperti sinar gamma diukur dalam rentang yang lebih tinggi dan sering digambarkan dengan istilah lain seperti panjang gelombang.


MHz dalam dunia komputer umumnya digunakan untuk menggambarkan pengukuran kecepatan CPU atau unit pengolah pusat dalam komputer. Setiap fungsi dari komputer melibatkan instruksi yang harus diproses oleh CPU. Setiap instruksi tersebut melibatkan sejumlah siklus per detik. Jumlah instruksi yang dapat diselesaikan dalam satu detik disebut clock speed.


MHz juga dapat digunakan untuk mengukur kecepatan clock atau jumlah siklus per detik untuk komponen lain seperti kartu video. Bahkan juga penting untuk memiliki kartu video tambahan jika Anda ingin main game, fotografi digital, atau jika Anda membuat grafik sendiri, sehingga menggunakan sejumlah besar grafis tidak memperlambat CPU Anda. Jelas, jumlah yang lebih tinggi MHz akan lebih baik dalam kecepatan serta kinerja yang lebih baik untuk kedua jenis komponen.