Cloud Base Computing

By Tips Trik Komputer on 2011-04-25

Cloud Base Computing Jika anda membaca artikel tentang Microsoft Office 365 Beta, ada istilah Cloud Base yang cukup menggelitik bagi sebagian besar orang yang awam terhadap teknologi informasi dan internet. Penulispun sendiri mengalami kesulitan untuk memahami atau menterjemahkan arti kata Cloud Base Application atau Cloud Base Service atau Cloud Base Computing ini.

Secara umum, Cloud berarti Awan. Dalam tataran dunia informasi dan internet, Cloud Base bisa dipandang sebagai sebuah Keterpaduan (integrasi) mulai dari Sistem Operasi, Aplikasi, dan service-service dengan internet.

Mengutip dari Wikipedia tentang Cloud Base Computing :


gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Cloud atau awan adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.


cloud base computing | arti cloud base computing

Google lah awal timbulnya istilah Cloud Base Computing ini. Dalam bayangan Google, Kelak sebuah PC atau Notebook tidak memerlukan sebuah OS independent. Secara ekstrim, kelak, sebuah PC hanya lah memerlukan sebuah Browser dan koneksi internet. Karena semua aplikasi, mulai dari Sistem Operasi (termasuk instalasi driver, setting dan sebagainya) program-program pendukung, dan jasa-jasa akan tersedia secara online. Sederet aplikasi Online Google macam Docs, Picasa, Gmail, Translate, Reader,Task, Calender, Books, Orkut, Maps, Earth,YouTube dan Buzz adalah salah satu penerapan dari gagasan Cloud Base ini.


Mungkin itu pemahaman saya tentang Cloud Base, anda punya pandangan lain? Untuk informasi lebih dalam tentang Cloud Base Computing, anda bisa baca langsung di :
http://d1pt4.wordpress.com/2011/04/04/cloud-computing/



View the original article here Cloud Base Computing

Share your views...

0 Respones to "Cloud Base Computing"

Post a Comment