"Game" Angry Birds Makin Asyik dengan NFC

By Tips Trik Komputer on 2011-05-07








ROVIO

HELSINKI, KOMPAS.com — Nokia dan Rovio mengembangkan permainan Angry Birds versi baru yang menyediakan pengalaman bermain lebih asyik dengan dukungan teknologi near field communication (NFC). Teknologi transfer data nirkabel jarak dekat tersebut tidak akan dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pembayaran, tetapi untuk menghubungkan pengguna permainan Angry Birds dari dua ponsel berbeda.

Angry Birds Free with Magic akan disediakan secara cuma-cuma pada ponsel Nokia C7 berbasis Symbian yang sudah dilengkapi chip NFC. Ponsel C7 akan mendapatkan permainan tersebut secara otomatis begitu melakukan upgrade ke platform terbaru yang disebut Symbian Anna. Nokia saat ini sedang melakukan upgrade peranti lunak Symbian untuk produk-produk Nokia jenis C7 agar bisa mengadopsi teknologi ini.

"C7 baru permulaan. Kami ingin menciptakan suatu ekosistem terbuka yang berarti kita akan bermitra dengan pihak perbankan, jasa pembayaran, dan lainnya," ujar Sixten Sandstroem, Manajer Nokia yang bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi ini, seperi dilansir Bloomberg, Rabu (4/5/2011).

Pengguna Nokia C7 bisa menikmati permainan Angry Birds Free with Magic hingga 5 level pertama. Untuk bisa memainkan level yang lebih tinggi, mereka harus mencari pemain lain dengan ponsel yang dilengkapi teknologi NFC. Tinggal aktifkan permainan dan dekatkan satu sama lain, lima level berikutnya akan terbuka. Untuk membuka lima level permainan berikutnya, pengguna juga harus melakukan langkah yang sama dengan pemilik ponsel sejenis lainnya.

"Kita akan membuat para pengguna ponsel menyadari sejauh mana teknologi NFC ini bisa dibawa," ujar Matthew Wilson, Manajer Pemasaran Rovio Espoo.

Teknologi NFC telah dikembangkan Nokia sejak tahun 2004 hingga menjadi standar. NFC merupakan teknologi masa depan yang akan menjadi alat bayar yang fungsinya seperti kartu kredit atau kartu debit. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi kartu radio frequency identification (RFID). Dengan teknologi NFC ini, pengguna ponsel yang mendukung teknologi ini hanya tinggal mendekatkan ponselnya ke terminal pembayaran ketika ingin melakukan transaksi jual-beli.

Sebelumnya, Google sudah mendorong NFC sejak merilis Nexus S yang menggunakan platform Android 2.3 atau Gingerbread. Research in Motion Ltd (RIM), produsen BlackBerry, juga telah memperkenalkan BlackBerry Bold 9900 dan 9930 yang telah mendukung teknologi NFC ini. (Kontan/Rizki Caturini)





Sent from Indosat BlackBerry powered by




View the original article here

Share your views...

0 Respones to ""Game" Angry Birds Makin Asyik dengan NFC"

Post a Comment